Sunday, March 30, 2008

Lakukan Perubahan Positif Sekarang!

Berpikir postif selalu tidak ada ruginya. Anda semakin ringan menjalani hidup, tubuh dan pikiran pun semakin sehat. Ingin tahu caranya? Simak saja kiatnya berikut ini.

Berpikir Positif
Kalau saja Anda bisa menghitung berapa banyak pikiran yang lalu-lalang di benak Anda, lalu bedakan yang "positif" dan "negatif". Anda pasti akan terheran-heran banyak sekali waktu yang terbuang un-tuk hal-hal negatif.

Coba identifikasi dan kendalikan pikiran negatif. Kata-kata seperti "Saya tidak bisa, Saya tidak akan"' gantikan dengan "Saya bisa, saya mampu". Jangan buang-buang waktu memikirkan atau merasakan hal-hal negatif. Ingat, pikiran positif bisa menyehatkan tubuh!

Buat 'to do list'
Sederhanakan hidup Anda dengan membuat daftar 'to do list'. Di alam bawah sadar Anda, daftar ini akan berfungsi seperti sebuah perintah. Coba buat 1 daftar untuk 1 hari, 1 daftar untuk 1 minggu selanjutnya setiap bulan, per tahun dan 5 tahun.

Konsumsi dan Serap
Apa yang dimakan adalah bentuk dari pilihan dan tanggung jawab kepada tubuh Anda. Yang dikonsumsi dan diserap oleh tubuh secara langsung mempengaruhi kesehatan. Termasuk di dalamnya pikiran, perasaan, udara yang dihirup dan asupan gizi. Kini Anda perlu lebih memperhatikan pola makan. Jadi, benar sekali bila orang mengatakan you are what you eat atau Anda adalah apa yang Anda makan. Tapi ingat bukan itu saja, kita adalah apa yang kita makan, minum, hirup dan pikirkan!

Tampil Semenarik Mungkin
Ketika Anda bisa tampil seperti ini percaya diri akan membumbung tinggi. Jadi mengapa harus menunggu momen yang spesial untuk tampil cantik, kalau setiap hari adalah hari yang spesial! Apalagi bila tampil menarik berhubungan dengan mengurangi kelebihan berat badan. Lakukan sekarang juga! Siapa tahu hari ini Anda bertemu jodoh, orang yang memahami ambisi Anda, bahkan teman waktu diTK!

Olah raga, Aktivitas dan Energi
Agar selalu fit tubuh Anda perlu banyak digerakkan. Massa dan kekuatan otot bisa berkurang bila tubuh jarang digerakkan. Persendian bisa kaku karena cairan khusus yang menjaga kelenturan tidak diproduksi. Cobalah 30 menit jalan kaki saat istirahat makan siang. Sekali saja Anda membiasakan diri berolah raga setiap hari, Anda akan merasa lebih berenergi.

Relaksasi dan Peremajaan Kembali
Anda bukan mesin. Tubuh dan pikiran perlu waktu untuk istirahat. Bila Anda melawan hukum alam ini, kondisi fisik dan mental akan menurun drastis. Inilah mengapa cukup istirahat sangat penting bagi kesehatan. Tidur yang juga sangat mempengaruhi kesehatan.

Terlalu sering stres, cemas, kurang terorganisir akan merugikan kesehatan Anda. Coba kategorikan aktivitas Anda menjadi:
A. Saya bisa celaka kalau tidak menyelesaikan pekerjaan ini.
B. Pekerjaan ini memang harus beres, tapi tidak ada masalah kalau belum bisa menyelesaikannya.
C. Kalau ada waktu tersisa saya akan menyelesaikannya.

Hargai Kerja Keras Anda
Begitu banyak cara untuk menghargai sesuatu. Bisa ucapan terima kasih, pujian, naik gaji, baju baru, rumah atau liburan ke dalam negeri bahkan luar negeri kalau mampu. Sebelum membuat daftar, tuliskan juga penghargaan atau hadiah bila Anda berhasil mencapai tujuan. Kalau bukan Anda sendiri yang menghargai diri Anda, lantas siapa lagi?

Sumber: Team

No comments: